Selasa, 25 September 2012

Resolusi Sehat Tahun Baru with Air Putih

Setiap pergantian tahun kita selalu sibuk dengan resolusi ingin lebih baik dari tahun sebelumnya, apakah hal yang sama juga terjadi untuk bidang kesehatan yang notabene menjadi faktor penting dalam mewujudkan sebuah resolusi?  Mari kita membuat resolusi kesehatan bagi diri kita sendiri. Poin-poin apa saja yang perlu kita mulai dengan tubuh yang sehat?
1. Air Putih Adalah Terapi
Bila selama ini kita sering abai untuk urusan mengonsumsi air putih, maka sebaiknya di tahun baru kita mulai giat dengan urusan minum air putih yang terbilang penting. Setidaknya tubuh manusia normal memerlukan asupan air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya atau akan terserang dehidrasi.
2. Mulai Konsumsi Serat
Termasuk pribadi yang sering mengonsumsi makanan junk food? Ada baiknya di tahun yang baru memperbanyak konsumsi serat yang biasanya terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Selain demi melancarkan pencernaan, serat juga baik untuk mencegah kita terserang penyakit jantung dan stroke, dua penyakit yang mulai sering menyerang tanpa mengenal usia dan telah menjadi pembunuh manusia.
3. Tambah Nutrisi Melalui Susu, Kacang, dan Daging
Anda pernah beranggapan bahwa ketiga makanan di atas merupakan sumber utama yang menyebabkan kenaikan berat badan? Ternyata ketiganya termasuk salah satu sumber penting bagi nutrisi tubuh, terutama protein dan mineral. Jadi, di tahun yang baru tidak ada salahnya buang kembali persepsi Anda tentang susu, kacang, maupun daging yang selama ini dianggap merusak tubuh.
4. Waspadai Istilah Label Non Fat/Low Fat
Hal lain yang sering menjebak saat kita memilih makanan berlabel adalah istilah non fat atau low fat yang sering diartikan sebagai rendah kalori. Perlu dicermati pula dari produk-produk tersebut adalah bagian Nutrition Fact Label yang biasanya ada di kemasan. Rendah lemak belum tentu rendah gula tentunya. Saran penyajian dan bagian penting seperti nutrisi dalam kemasan memang perlu menjadi concern utama memilih barang yang ingin konsumsi.
5. Imbangi Asupan Dengan Aktivitas
Tidak ada salahnya mulai memperhatikan olah tubuh yang diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Bila Anda giat mengonsumsi makanan untuk masuk ke dalam tubuh, tidak ada salahnya juga bila diimbangi dengan olahraga untuk membakarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar